Potongan Harga Hingga 80%, Jakarta Mulai Pesta Diskon
Posted On 22 Juni 2008 at 00.07
Oleh Damiana N Simanjuntak dan Nur Afni Fiazia
JAKARTA, Investor Daily-Meski ajang Jakarta Great Sale (JGS) secara resmi baru dibuka 17 Juni 2008, sejumlah pusat belanja sudah mulai menggelar pesta diskon. Selama ajang ini berlangsung, mereka menawarkan potongan harga rata-rata 70%, bahkan ada yang 80%. Panitia JGS menjamin tidak akan ada penipuan dalam label harga pada pesta diskon kali ini seperti ajang serupa sebelumnya. Pada JGS sebelumnya, peserta menaikkan harga sebelum memotongnya sehingga harga yang diterima konsumen tetap tinggi. "Kalau produk bermerek (branded) tidak mungkin bisa seperti itu karena hal itu akan merombak struktur marketing. Tapi, pada merek lokal yang ada di ITC dengan harga tawar menawar itu bisa saja terjadi," kata Benjamin Mailool, ketua pelaksana JGS 2008 yang juga ketua umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), kepada Investor Daily di Jakarta, Jumat (20/6).
Dia juga menampik ajang JGS merupakan arena cuci gudang. Sebaliknya, ajang ini merupakan momentum untuk menampilkan produk baru. “Kalau ada yang melakukan cuci gudang dia bisa mati dengan tetangganya yang mengeluarkan produk baru tapi didiskon. Saya mengimbau kepada seluruh peserta untuk melakukan yang terbaik dengan barang baru kalau perlu diskonnya 70% plus 20%,” ujar Benjamin. Hal senada diungkapkan Sekretaris Pelaksana JGS 2008 Suryadi Sasmitha. Ketua Umum Asosiasi Pemasok Garmen dan Aksesoris Indonesia (APGAI) itu optimistis pencapaian omzet penjualan JGS 2008 akan naik di atas 10%. “Meskipun ajang ini diselenggarakan setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sebesar 30%, kami yakin itu tidak berpengaruh terhadap transaksi. Kami memperkirakan, penjualan mungkin bisa naik sampai dengan 30%,” kilah dia. JGS 2008 tidak hanya akan dimeriahkan oleh pengusaha yang sudah berkomitmen melakukan diskon di gera-gerai mereka. Bahkan, sebelum pesta ini dimulai, sejumlah pusat perbelanjaan telah melakukan pemanasan terlebih dulu. Senayan City, misalnya, telah menggelar pesta diskon besar-besaran untuk berbagai brand favorit internasional melalui program Midnight Shopping. Program yang melibatkan kurang lebih 80% dari 300 tenant ini menawarkan potongan harga hingga 80%.
Program yang berlangsung pada 19-22 Juni itu dimulai pukul 21.00-24.00. Program rutin tiap tengah tahun ini sekaligus menjadi program pembuka perayaan HUT Kota Jakarta ke 481, berupa pesta diskon Senayan City Salebration & Midnight Phenomenal. Program ini menjadi ciri khas Senayan City. “Kami adalah mal pertama di Indonesia yang menyelenggarakan program Midnight Sale,” ujar Sri Ayu Ningsih, PR & Tenant Communications Manager Senayan City kepada Investor Daily, Jumat (20/6).
Pengunjung Antusias
Midnight Shopping adalah program pembuka Senayan City Salebration & Midnight Phenomenal, yang bakal berlangsung selama satu bulan penuh. Antusiasme masyarakat pun sangat besar. Jumlah pengunjung mal bergengsi di bilangan Jakarta Selatan itu melonjak 40% pada hari pertama pembukaan. Acara ini sukses dan fenomenal hingga mal-mal lain mengikuti jejak Senayan City. “Tujuan kami adalah menjadikan Senayan City sebagai tujuan wisata belanja. Artinya, konsumen tidak perlu lagi ke luar negeri untuk mengejar event-event seperti itu,” lanjut Ayu. Ayu memastikan tidak ada mark up harga dalam pesta diskon ini. “Konsumen tidak bisa dibohongi. Kalau kami melakukan itu, pasti mereka kapok dan program seperti ini tidak akan sukses,” kilah dia. Yang jelas, program ini menguntungkan semua pihak, baik pengunjung maupun tenant. Bagi pengunjung, mereka bisa membeli produk-produk fashion merek terkenal dari luar negeri, seperti Gucci, Calvin Klein, Dunhill, Versace, Armani, Gap, Guess, Guess Accessories, Mark & Spencer, Bebe, dan Tag Heuer, dengan harga fantastis. Bagi tenant, tingginya jumlah pengunjung yang memadati Senayan City secara otomatis mendongkrak penjualan mereka dari 50-100%. Ajang diskon kali ini juga melibatkan restoran dan cafe. Ajang promosi ala Senayan City bakal kian meriah begitu JGS 2008 dimulai. Meski mulai digelar Jumat (27/6), acara ini baru diresmikan Minggu (29/6) oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Pacific Place, kawasan Sudirman Central Business District (SCBD). “Peresmian memang tidak dilakukan pas hari dimulainya JGS karena Pak Gubernur masih ada acara di luar negeri,” ujar Roy N Manday, event organizer independen JGS 2008. Menurut Roy, sebanyak 500 peserta bakal memeriahkan JGS 2008. Mereka antara lain Plaza Pacific, Senayan City, Plaza Semanggi, Megamal Pluit, Kelapa Gading Trade Center, Cilandak Town Square, Atrium Senen, Cibubur Junction, Mal Ciputra, dan Depok Town Square. Mereka tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI). Pesta diskon kali ini juga melibatkan anggota Asosiasi Perusahaan Ritel Indonesia (Aprindo) seperti Metro Department Store, Matahari Department Store, Sogo Department Store, dan Ramayana. Sejumlah anggota Asosiasi Spa Indonesia dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga kan ikut meramaikan JGS tahun ini. “Terdapat 16 asosiasi yang mendukung JGS kali ini,” ujar Roy. Dari ajang ini, Mal Ciputra menargetkan 70% dari 360 tenant ikut menawarkan diskon. “Minimal setengah dari tenant kami itu akan ikut program ini. Kami masih mengumpulkan data-data siapa saja tenant yang mau bergabung,” jelas Rida Kusrida, humas Mal Ciputra. Menurut Rida, pesta diskon ini menguntungkan banyak pihak. Apalagi, pesta digelar tepat saat libur sekolah anak. Bagi yang suka bepergian ke mal dan memburu barang-barang diskon, ini adalah saat tepat untuk berbelanja barang murah. “Pengunjung di saat libur seperti ini pasti akan membawa rombongan keluarganya. Mereka biasanya bertransaksi dan itu pasti menguntungkan,” imbuh Rida. The Plaza Semanggi juga telah menggelar diskon pendahuluan bertemakan Sale Now On. Sejumlah tenant di mal itu seperti Centro, Accent, Sportstation, Planet Surf, Electronic Solution, Executive, Giordano, Converse, Apple Green, dan Polo memberi diskon bervariasi mulai 10% hingga 80%. Program diskon juga diikuti oleh beberapa restoran, seperti Dapur Djuanda, Cavana, dan cafe sekaligus tempat karaoke keluarga Inul Vista, serta pusat kebugaran Fitness First. “Saya suka membeli sepatu di Centro karena modelnya bagus-bagus. Apalagi sekarang lagi diskon, harganya jadi lumayan berkurang. Pastinya program diskon seperti ini selalu ditunggu pembeli seperti saya,” aku Meta, seorang pegawai swasta di kawasan Sudirman.
Penjualan Naik 30%
Selama Pesta Diskon 14 Juni-14 Juli 2008, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (Ramayana) menargetkan penjualan naik sekitar 20-30% dibandingkan rata-rata setiap bulan. Peritel ini manawarkan diskon 50% plus 20% untuk produk fesyen merek tertentu. “Tema yang kami angkat kali ini adalah Back to School karena itu untuk pakaian dan sepatu anak merek tertentu Ramayana juga enawarkan diskon sekitar 10-20%,” ujar Setiyadi Surya, direktur humas Ramayana. Para peritel mengakui minat belanja konsumen belakangan ini lesu sejak harga BBM naik 30% akhir Mei lalu. “Di satu sisi, konsumen antusias dengan pesta diskon tapi mereka juga terhalang karena daya beli yang rendah. Sebagian pengunjung memang datang membeli dengan memanfaatkan pesta diskon tapi ada juga yang sekadar window shopping,” jelas Setiyadi. Segmen konsumen Ramayana yang menengah ke bawah sangat sensitive terhadap harga. Peritel itu berharap pesta diskon kali ini mampu menarik minat beli pengunjung. “Bagi kami, pesta diskon merupakan kesempatan mendorong minat beli konsumen. Komitmen kami adalah menjual barang yang berkualitas baik dengan harga yang murah,” papar dia. Berdasarkan pemantauan Investor Daily, beberapa mal di Jakarta sudah memulai pesta diskon. Toko-toko produk fesyen di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara menawarkan diskon rata-rata berkisar 20-70%. Di mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, menawarkan diskon hingga 70%. Diskon tidak berlaku untuk produk kosmetik. Namun, untuk kosmetik merek tertentu, pihak toko menawarkan diskon sebesar 30% dengan syarat pembelian minimum Rp 100 ribu. Produk furniture merek Melandas di Ratu Plaza, Jakarta Selatan menggelar Melandas Great Event June 2008 dengan menawarkan diskon 50-70%. Centro di Plaza Semanggi menggelar Centro Hot Sale dengan diskon berkisar 20-50%.
Superindo di mal Arion, Jakarta Timur menawarkan potongan harga sekitar Rp 500-Rp 1.000 per ukuran jual untuk produk toiletries, daging dan buah, sedangkan makanan ringan dan soft drink mendapat potongan harga sekitar Rp 100-200 per ukuran jual. Sementara itu, Matahari Department Store menggelar pesta diskon dengan tema Warnai Liburanmu. Hampir semua produk di Matahari menawarkan potongan harga 20-50%. Bahkan, peralatan rumah tanga seperti mixer dan tablewear mendapat diskon 10-30%. Konsumen juga bisa mendapat bonus instan sebesar Rp 50 ribu untuk setiap pembelian bernilai Rp 150 ribu. Gelaran diskon di mal Arion lebih banyak mendapat antusias pengunjung. Hal itu tampak dari keramaian pengunjung di bagian-bagian produk yang mendapat diskon. Roy N Manday memastikan tidak ada mark up dalam penetapan harga sebelum diskon. Sekitar 80% produk yang dijual oleh para peritel akan didiskon selama acara JGS 2008. “Hanya saja untuk brand-brand asing, seperti Gucci, kemungkinan tidak ada diskon. Karena hal itu sangat bergantung pada kebijakan kantor pusat produk besangkitan,” jelas Roy.
Namun demikian, diskon akan tetap diberikan terhadap pembelian brand-brand asing yang diproduksi di dalam negeri. Diskon juga akan diberikan untuk pembelian produk-produk baru. “Kalau untuk produk lama, di luar acara JGS juga sudah sering di lakukan oleh para peritel,” jelas dia.
Sejumlah agenda sudah terkonfirmasi akan digelar untuk memeriahkan JGS 2008. Agenda itu meliputi pameran UKM di Grand Indonesia, pameran foto Potret of Jakarta di Plaza Indonesia, dan belanja bersama artis yang akan digelar di sejumlah wilayah di Jakarta. Sedangkan, acara lain yang masih ditunggu kepastiannya adalah talk show dengan perancang dan ahli tata rias serta pameran kuliner. (dna/nas)
JAKARTA, Investor Daily-Meski ajang Jakarta Great Sale (JGS) secara resmi baru dibuka 17 Juni 2008, sejumlah pusat belanja sudah mulai menggelar pesta diskon. Selama ajang ini berlangsung, mereka menawarkan potongan harga rata-rata 70%, bahkan ada yang 80%. Panitia JGS menjamin tidak akan ada penipuan dalam label harga pada pesta diskon kali ini seperti ajang serupa sebelumnya. Pada JGS sebelumnya, peserta menaikkan harga sebelum memotongnya sehingga harga yang diterima konsumen tetap tinggi. "Kalau produk bermerek (branded) tidak mungkin bisa seperti itu karena hal itu akan merombak struktur marketing. Tapi, pada merek lokal yang ada di ITC dengan harga tawar menawar itu bisa saja terjadi," kata Benjamin Mailool, ketua pelaksana JGS 2008 yang juga ketua umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), kepada Investor Daily di Jakarta, Jumat (20/6).
Dia juga menampik ajang JGS merupakan arena cuci gudang. Sebaliknya, ajang ini merupakan momentum untuk menampilkan produk baru. “Kalau ada yang melakukan cuci gudang dia bisa mati dengan tetangganya yang mengeluarkan produk baru tapi didiskon. Saya mengimbau kepada seluruh peserta untuk melakukan yang terbaik dengan barang baru kalau perlu diskonnya 70% plus 20%,” ujar Benjamin. Hal senada diungkapkan Sekretaris Pelaksana JGS 2008 Suryadi Sasmitha. Ketua Umum Asosiasi Pemasok Garmen dan Aksesoris Indonesia (APGAI) itu optimistis pencapaian omzet penjualan JGS 2008 akan naik di atas 10%. “Meskipun ajang ini diselenggarakan setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sebesar 30%, kami yakin itu tidak berpengaruh terhadap transaksi. Kami memperkirakan, penjualan mungkin bisa naik sampai dengan 30%,” kilah dia. JGS 2008 tidak hanya akan dimeriahkan oleh pengusaha yang sudah berkomitmen melakukan diskon di gera-gerai mereka. Bahkan, sebelum pesta ini dimulai, sejumlah pusat perbelanjaan telah melakukan pemanasan terlebih dulu. Senayan City, misalnya, telah menggelar pesta diskon besar-besaran untuk berbagai brand favorit internasional melalui program Midnight Shopping. Program yang melibatkan kurang lebih 80% dari 300 tenant ini menawarkan potongan harga hingga 80%.
Program yang berlangsung pada 19-22 Juni itu dimulai pukul 21.00-24.00. Program rutin tiap tengah tahun ini sekaligus menjadi program pembuka perayaan HUT Kota Jakarta ke 481, berupa pesta diskon Senayan City Salebration & Midnight Phenomenal. Program ini menjadi ciri khas Senayan City. “Kami adalah mal pertama di Indonesia yang menyelenggarakan program Midnight Sale,” ujar Sri Ayu Ningsih, PR & Tenant Communications Manager Senayan City kepada Investor Daily, Jumat (20/6).
Pengunjung Antusias
Midnight Shopping adalah program pembuka Senayan City Salebration & Midnight Phenomenal, yang bakal berlangsung selama satu bulan penuh. Antusiasme masyarakat pun sangat besar. Jumlah pengunjung mal bergengsi di bilangan Jakarta Selatan itu melonjak 40% pada hari pertama pembukaan. Acara ini sukses dan fenomenal hingga mal-mal lain mengikuti jejak Senayan City. “Tujuan kami adalah menjadikan Senayan City sebagai tujuan wisata belanja. Artinya, konsumen tidak perlu lagi ke luar negeri untuk mengejar event-event seperti itu,” lanjut Ayu. Ayu memastikan tidak ada mark up harga dalam pesta diskon ini. “Konsumen tidak bisa dibohongi. Kalau kami melakukan itu, pasti mereka kapok dan program seperti ini tidak akan sukses,” kilah dia. Yang jelas, program ini menguntungkan semua pihak, baik pengunjung maupun tenant. Bagi pengunjung, mereka bisa membeli produk-produk fashion merek terkenal dari luar negeri, seperti Gucci, Calvin Klein, Dunhill, Versace, Armani, Gap, Guess, Guess Accessories, Mark & Spencer, Bebe, dan Tag Heuer, dengan harga fantastis. Bagi tenant, tingginya jumlah pengunjung yang memadati Senayan City secara otomatis mendongkrak penjualan mereka dari 50-100%. Ajang diskon kali ini juga melibatkan restoran dan cafe. Ajang promosi ala Senayan City bakal kian meriah begitu JGS 2008 dimulai. Meski mulai digelar Jumat (27/6), acara ini baru diresmikan Minggu (29/6) oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Pacific Place, kawasan Sudirman Central Business District (SCBD). “Peresmian memang tidak dilakukan pas hari dimulainya JGS karena Pak Gubernur masih ada acara di luar negeri,” ujar Roy N Manday, event organizer independen JGS 2008. Menurut Roy, sebanyak 500 peserta bakal memeriahkan JGS 2008. Mereka antara lain Plaza Pacific, Senayan City, Plaza Semanggi, Megamal Pluit, Kelapa Gading Trade Center, Cilandak Town Square, Atrium Senen, Cibubur Junction, Mal Ciputra, dan Depok Town Square. Mereka tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI). Pesta diskon kali ini juga melibatkan anggota Asosiasi Perusahaan Ritel Indonesia (Aprindo) seperti Metro Department Store, Matahari Department Store, Sogo Department Store, dan Ramayana. Sejumlah anggota Asosiasi Spa Indonesia dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga kan ikut meramaikan JGS tahun ini. “Terdapat 16 asosiasi yang mendukung JGS kali ini,” ujar Roy. Dari ajang ini, Mal Ciputra menargetkan 70% dari 360 tenant ikut menawarkan diskon. “Minimal setengah dari tenant kami itu akan ikut program ini. Kami masih mengumpulkan data-data siapa saja tenant yang mau bergabung,” jelas Rida Kusrida, humas Mal Ciputra. Menurut Rida, pesta diskon ini menguntungkan banyak pihak. Apalagi, pesta digelar tepat saat libur sekolah anak. Bagi yang suka bepergian ke mal dan memburu barang-barang diskon, ini adalah saat tepat untuk berbelanja barang murah. “Pengunjung di saat libur seperti ini pasti akan membawa rombongan keluarganya. Mereka biasanya bertransaksi dan itu pasti menguntungkan,” imbuh Rida. The Plaza Semanggi juga telah menggelar diskon pendahuluan bertemakan Sale Now On. Sejumlah tenant di mal itu seperti Centro, Accent, Sportstation, Planet Surf, Electronic Solution, Executive, Giordano, Converse, Apple Green, dan Polo memberi diskon bervariasi mulai 10% hingga 80%. Program diskon juga diikuti oleh beberapa restoran, seperti Dapur Djuanda, Cavana, dan cafe sekaligus tempat karaoke keluarga Inul Vista, serta pusat kebugaran Fitness First. “Saya suka membeli sepatu di Centro karena modelnya bagus-bagus. Apalagi sekarang lagi diskon, harganya jadi lumayan berkurang. Pastinya program diskon seperti ini selalu ditunggu pembeli seperti saya,” aku Meta, seorang pegawai swasta di kawasan Sudirman.
Penjualan Naik 30%
Selama Pesta Diskon 14 Juni-14 Juli 2008, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (Ramayana) menargetkan penjualan naik sekitar 20-30% dibandingkan rata-rata setiap bulan. Peritel ini manawarkan diskon 50% plus 20% untuk produk fesyen merek tertentu. “Tema yang kami angkat kali ini adalah Back to School karena itu untuk pakaian dan sepatu anak merek tertentu Ramayana juga enawarkan diskon sekitar 10-20%,” ujar Setiyadi Surya, direktur humas Ramayana. Para peritel mengakui minat belanja konsumen belakangan ini lesu sejak harga BBM naik 30% akhir Mei lalu. “Di satu sisi, konsumen antusias dengan pesta diskon tapi mereka juga terhalang karena daya beli yang rendah. Sebagian pengunjung memang datang membeli dengan memanfaatkan pesta diskon tapi ada juga yang sekadar window shopping,” jelas Setiyadi. Segmen konsumen Ramayana yang menengah ke bawah sangat sensitive terhadap harga. Peritel itu berharap pesta diskon kali ini mampu menarik minat beli pengunjung. “Bagi kami, pesta diskon merupakan kesempatan mendorong minat beli konsumen. Komitmen kami adalah menjual barang yang berkualitas baik dengan harga yang murah,” papar dia. Berdasarkan pemantauan Investor Daily, beberapa mal di Jakarta sudah memulai pesta diskon. Toko-toko produk fesyen di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara menawarkan diskon rata-rata berkisar 20-70%. Di mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, menawarkan diskon hingga 70%. Diskon tidak berlaku untuk produk kosmetik. Namun, untuk kosmetik merek tertentu, pihak toko menawarkan diskon sebesar 30% dengan syarat pembelian minimum Rp 100 ribu. Produk furniture merek Melandas di Ratu Plaza, Jakarta Selatan menggelar Melandas Great Event June 2008 dengan menawarkan diskon 50-70%. Centro di Plaza Semanggi menggelar Centro Hot Sale dengan diskon berkisar 20-50%.
Superindo di mal Arion, Jakarta Timur menawarkan potongan harga sekitar Rp 500-Rp 1.000 per ukuran jual untuk produk toiletries, daging dan buah, sedangkan makanan ringan dan soft drink mendapat potongan harga sekitar Rp 100-200 per ukuran jual. Sementara itu, Matahari Department Store menggelar pesta diskon dengan tema Warnai Liburanmu. Hampir semua produk di Matahari menawarkan potongan harga 20-50%. Bahkan, peralatan rumah tanga seperti mixer dan tablewear mendapat diskon 10-30%. Konsumen juga bisa mendapat bonus instan sebesar Rp 50 ribu untuk setiap pembelian bernilai Rp 150 ribu. Gelaran diskon di mal Arion lebih banyak mendapat antusias pengunjung. Hal itu tampak dari keramaian pengunjung di bagian-bagian produk yang mendapat diskon. Roy N Manday memastikan tidak ada mark up dalam penetapan harga sebelum diskon. Sekitar 80% produk yang dijual oleh para peritel akan didiskon selama acara JGS 2008. “Hanya saja untuk brand-brand asing, seperti Gucci, kemungkinan tidak ada diskon. Karena hal itu sangat bergantung pada kebijakan kantor pusat produk besangkitan,” jelas Roy.
Namun demikian, diskon akan tetap diberikan terhadap pembelian brand-brand asing yang diproduksi di dalam negeri. Diskon juga akan diberikan untuk pembelian produk-produk baru. “Kalau untuk produk lama, di luar acara JGS juga sudah sering di lakukan oleh para peritel,” jelas dia.
Sejumlah agenda sudah terkonfirmasi akan digelar untuk memeriahkan JGS 2008. Agenda itu meliputi pameran UKM di Grand Indonesia, pameran foto Potret of Jakarta di Plaza Indonesia, dan belanja bersama artis yang akan digelar di sejumlah wilayah di Jakarta. Sedangkan, acara lain yang masih ditunggu kepastiannya adalah talk show dengan perancang dan ahli tata rias serta pameran kuliner. (dna/nas)